4 Cara Mengajarkan Anak Tidur Sendiri

Jakarta - Mengajarkan si kecil untuk tidur sendiri di kamarnya bukanlah hal yang mudah. Namun, bila tidak diajarkan sejak dini, hal ini akan membuat anak menjadi manja dan tergantung pada Anda.

Membiasakan anak tidur bersama Anda hingga ia beranjak besar akan membuat anak menjadi manja. Anda harus mendidiknya sejak kecil agar ia terbiasa mengatasi rasa takutnya sendiri. Berikut ini empat langkah mudah seperti yang dikutip dari ehow agar si kecil mau tidur sendiri.

1. Buat waktu tidur lebih menyenangkan
Saat mengajari anak agar bisa tidur sendiri, Anda bisa membujuknya dengan membacakan cerita sebelum tidur. Lakukan kegiatan ini cukup sering dengan cerita yang berbeda-beda setiap harinya, agar si kecil semakin bersemangat untuk tidur sendiri.

2. Yakinkan si kecil

Sebelum akhirnya Anda meninggalkan si kecil sendirian di kamarnya, berikan ia ciuman 'selamat malam' dan yakinkan padanya bahwa Anda berada di lantai bawah atau di kamar sebelah. Bila perlu, katakan pada si kecil bahwa Anda akan memeriksanya setelah 20 menit kemudian. Dengan begini, si kecil pun tidak akan merasa ditinggalkan.

3. Harus tegas
Jangan menuruti permintaan si kecil untuk menemaninya tidur. Biarkan dia melihat bahwa Anda berada di luar dan katakan padanya betapa bangganya Anda jika ia bisa tidur sendiri.

4. Konsisten
Biasakan si kecil tidur sendiri setiap harinya, tanpa pengecualian. Semakin Anda kuat menahan godaan untuk menemani si kecil, ia akan semakin cepat terbiasa tidur sendirian.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.