Sarapan Bisa Membuat Jantung Sehat

Sebelum melakukan aktivitas apakah Anda sarapan dahulu?. Jangan lupa ya. Para ahli sering mengingatkan kita tentang pentingnya sarapan. Sarapan dibanding dengan waktu makan yang lain, sangat penting sekali. Sarapan, bisa membentuk jantung menjadi sehat lho.

Tapi tak sedikit orang yang sering melewatkan sarapan dengan alasan terburu-buru atau ingin menurunkan berat badan. Padahal terlalu sering tidak sarapn bisa berbahaya bagi jantung.

"Sering melewatkan sarapan justu menyebabkan obesitas bukannya menurunkan berat badan. Bahkan orang yang sering tidak sarapan berisiko tinggi menderita penyakit jantung," jelas Catherine Collins, ahli gizi dari University of Tasmania, seperti dilansir Dailymail, Rabu (27/10/2010).

Orang yang melewatkan sarapan akan memiliki metabolisme tubuh yang tidak baik. Jika ini terus menerus terjadi akan mengganggu hormon-hormon di dalam tubuh yang mengatur keseimbangan badan seperti hormon pertumbuhan, hormon insulin dan hormon serotonin.

Penelitian yang dilakukan Collins dan rekannya menemukan bahwa sering tidak sarapan dapat membuat orang menjadi obesitas (kegemukan), banyak timbunan lemak di sekitar perut dan kadar kolesterol tinggi. Semua hal itu merupakan faktor risiko utama panyakit jantung.

"Tidak sarapan juga dapat memicu peningkatan kadar insulin dalam darah, yang merupakan peringatan untuk diabetes," jelas Collins lebih lanjut.

Menurut Collins, orang yang tidak sarapan lebih cenderung untuk ngemil makanan kecil atau makanan manis yang kemungkinan memiliki asupan serat, vitamin dan mineral yang rendah. Jadi, tidak sarapan bukannya menurunkan berat badan tapi justru memicu kegemukan, kolesterol dan diabetes.

Hasil studi yang telah dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition ini menunjukkan bahwa risiko terkena penyakit jantung akan semakin besar apalagi seseorang terbiasa tidak sarapan sejak masa kanak-kanak dan terus berlanjut hingga dewasa.

"Meski tidak berdampak langsung, tapi bahaya jangka panjang akan menghantui Anda. Tidak sarapan adalah penanda untuk gaya hidup yang tidak sehat dan kacau," tegas Collins.

Sumber: detikhealth


5 komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
ehm jadi lebih tahu memang pentuing mas kalau sarapan di sisi lain membuat jantung sehat ini bisa yach.makasih infonya

kisah abu nawas mengatakan...

sarapan penting buat kesehatan

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

kalau saya sudah terbiasa sarapan sahabat, nice info

kisah abu nawas mengatakan...

sarapan pagi baik agar tidak masuk angin

kisah abu nawas mengatakan...

sebaiknya usahakan tiap pagi sarapan

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.