3 Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi

Gigi, memang harus kita jaga. Menjaga kesehatan gigi, tidak harus terus mengandalkan dokter gigi. Karena itu semua kembali kepada kita semua. Karena, ternyata kebiasan-kebiasaan kecil yang kita lakukan tanpa disadari, terkadang juga bisa merusak kesehatan gigi.

Seperti yang dikutip dari sheknow dari wolipop, ada tiga hal kebiasaan kecil yang dapat berakibat buruk pada kesehatan gigi Anda. Drg. Annalisa Somers, mengatakan bahwa orang-orang tidak menyadari apa yang mereka lakukan itu adalah hal yang berbahaya.

Berikut tiga kebiasaan kecil yang merugikan gigi.

1. Makan terlalu lambat dan terlalu sering
Kecepatan dan frekuensi makan Anda dapat mempengaruhi kondisi gigi. Setelah makan, plak yang menempel pada gigi akan melepaskan kandungan asam yang tidak baik untuk gigi, inilah yang membuat gigi berlubang.

"Cara makan yang buruk adalah saat Anda memakan snack atau coklat satu bungkus sekaligus dan lambat," ujar Somers. Hal ini membuat gigi Anda di 'bombardir' oleh makanan dan mulut tidak memiliki kesempatan untuk melawan bakteri. Sebaiknya perhatikan cara makan, usahakan untuk tidak menghabiskannya dalam satu waktu.

2. Meminum soda
Soda sebenarnya sama seperti permen tetapi berbentuk cair, soda dapat menyebabkan erosi gigi. Menurut Drg. Somers, meminum soda boleh-boleh saja jika dilakukan sesekali, tetapi itu pun perlu strategi tersendiri agar soda tidak merusak mulut.

"Minum soda sama saja dengan memandikan gigi Anda dengan gula, jadi usahakan untuk tidak mengonsumsinya setiap hari," ujar Sommers. Cara lainnya adalah menggunakan sedotan saat meminum soda, dengan begitu soda pun tidak mengenai gigi.

3. Menggertakan gigi
Banyak wanita menggertakan gigi dengan tidak sadar saat sedang tidur," kata Somers. Menggertakan gigi juga bisa disebabkan saat seseorang sedang mengalami stres.

Menurut Somers, menggertakkan gigi bisa membuat bagian email menjadi tipis, serta merusak gigi belakang akibat tekanan gerakan rahang saat tidur lebih kuat dibanding saat mengunyah normal. Selain gejala pada gigi, Anda juga bisa merasakan sakit pada rahang bawah ketika bangun tidur.

Sumber: wolipop

1 komentar:

Urang Lembur mengatakan...

Thanks infonya kawan,
Perlu di praktekan nich biar ga cepet ompong.,

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.