Selesai Makan Kambing, Perbanyaklah Makan Sayur dan Buah

Bagaimana hari Qurban kemarin? Apakah Anda pada nyate? Nyate, memang seperti sudah tradisi ketika Hari Raya Idul Adha. Tapi Anda harus hati-hati, perlu Anda ingat bahwa daging kambing itu tinggi lemaknya, lho. Dan beresiko menaikan tekanan darah tinggi dan lemak di tubuh kita. Ketika Anda mengkonsumsi daging kambing, perbanyaklah makan sayur dan buah, itu dengan tujuan untuk meminimalkan resiko tersebut.

Menurut Dr Phaidon L Toruan, MM, dokter gizi dan pakar hidup sehat dari Jakarta Anti-aging & Executive Fitness Consultant, seperti yang dikutip detikhealth, daging kambing itu seratnya hampir sama dengan daging sapi yang nggak gampang dicerna dan mudah menempel di usus, jadi bisa bikin kanker usus.

Untuk itu, menurut Dr Phaidon, konsumsi sayuran dan buah harus diperbanyak setelah makan daging kambing, agar ada serat sehat yang dapat membersihkan usus.

Dr Phaidon juga menjelaskan bahwa daging kambing termasuk daging dengan lemak tinggi yang dapat menaikkan tekanan darah dan lemak dalam tubuh, sehingga konsumsi sayur dan buah, seperti tomat, wortel atau kentang dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

"Untuk meminimalkan risiko daging kambing, juga perlu diperhatikan cara pengolahannya. Sebaiknya jangan digoreng, jangan digulai, bumbu jangan dicampur dengan gula atau vetsin. Dan untuk orang di atas usia 30 tahun sebaiknya pilih daging yang nggak banyak lemaknya," jelas Dr Phaidon lebih lanjut.

Menurut Dr Phaidon, sebaiknya orang tidak makan lemak daging yang berwarna putih dari daging kambing. Dr Phaidon juga menyarankan daging kambing sebaiknya diolah menjadi sup atau sate saja.

Jika 100 gram daging kambing dijadikan gulai dapat menghasilkan kalori sebesar 125 kalori, sedangkan jika diolah menjadi sop kambing akan menghasilkan kalori sebesar 35 kalori, karena orang tidak hanya makan dagingnya saja tapi juga beserta kuah sop dan sayuran di dalamnya.

"Sebaiknya penderita darah tinggi tidak usahlah makan daging kambing. Bagi pecinta daging kambing juga jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan berolahraga setelah makan untuk mengurangi jumlah kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh," tutup Dr Phaidon.

Sumber: detikhealth


3 komentar:

kakak dan abel mengatakan...

setuju kawan, seimbangan dengan buah dan sayur apalagi cara memasaknya dengan di bakar.

Asis Sugianto mengatakan...

suka sih makan daging kambing sob,,, tapi kata dokter saya gak boleh makan banyak, karena dapat memicu darah tinggi saya,, dan menyebabkan kepala saya sering sakit,,,, terlebih lagi say gak suka makan sayur,,,,

Facemot mengatakan...

wah, kalau artikel diatas ditambah dengan Emoticon2 yg lucu2 dan sangat Ekspresif yg ada diblog saya, makin manteb deh blognya, jadi lebih hidup artikelnya :thumbs up

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.