Tahapan-tahapan Kemampuan Bicara Pada Anak

Pasti senang ya kalau mendengarkan anak bayi atau balita berceloteh. Biasanya untuk orangtua baru pasti tidak sabar menanti kata pertama yang akan diucapkan sang buah hati. Ada yang langsung ngomong "mama" tapi ada juga yang kata pertamanya "papa".

Bayi, memiliki semacam tahapan perkembangan bicara atau bahasa yang universal untuk belajar bahasa. Mereka sudah terprogram untuk belajar berkomunikasi dan bahasa sejak lahir. Berikut adalah tahapan perkembangan kemampuan berbahasa anak secara umum dan garis besar.

Kelahiran hingga 24 bulan

2 bulan: Bersuara dengan melafalkan huruf hidup, seperti "u", "a", atau "e" secara berulang.
6 bulan: Bersuara-suara dengan konsonan.
7,5 bulan: Mulai mengerti kata-kata dan nama yang umum.
10 bulan: Menunjuk, bersuara seperti menggerutu, dan menatap sesuatu yang ia inginkan menggunakan kata-kata yang ia ciptakan.
12 bulan: Mengatakan kata-kata pertamanya, seperti "mama", "papa", atau nama saudaranya, bagian tubuh, nama binatang, atau suara seperti "guk guk".
14 bulan: Mengenali obyek, seperti satu perintah, "ambil bolanya".
18 bulan: Sudah bisa mengerti dan mengatakan setidaknya 50 kata dan menggunakan pertanyaan "Itu apa?" untuk mengerti nama suatu benda.
24 bulan: Mengatakan kalimat yang terdiri dari dua kata, seperti "minum susu" atau "main bola", dan sangat sering mengatakan kata "enggak/tidak".

2-5 tahun

2,5 tahun: Menyingkat sebuah maksud dalam beberapa kata, seperti, "Mama tidak pakai sepatu" menjadi "Mama enggak sepatu".
3 tahun: Berbicara dalam kalimat yang lebih panjang; menempatkan beberapa pemikiran dalam satu kalimat untuk mengutarakan sebuah cerita, sudah bisa menggunakan sekitar 300 kata, mengikuti sebuah aliran cerita dan mengingat intinya, menyukai kalimat-kalimat yang tak berarti banyak.
4 tahun: Sudah bisa terlibat dalam perbincangan dengan orang dewasa, menggunakan kata kerja dalam kalimat yang mendetail, bercanda dengan kalimat, dan bertanya dengan intonasi yang tepat.
5 tahun: Memiliki sekitar 2.500 perbendaharaan kata untuk mengekspresikan maksudnya; mengerti 14.000 kata; bisa mengekspresikan pikiran, seperti ketakutan dan mimpi; mengucapkan "terima kasih", mengucapkan sesuatu untuk mendapatkan reaksi dari orang lain.


Sumber: kompas


0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.