Tips Mengatasi Keracunan

Kita sering mendengar berita tentang keracunan manakan diberbagai daerah. Ya, kita bisa keracunan makanan jika kita memakan makanan yang telah terkontaminasi oleh kuman, seperti bakteri atau racun.
Atau ketika kita akan menyiapkan makanan juga bisa memicu keracunan, seperti sayuran yang tidak dicuci dengan bersih, makanan mentah, daging setengah matang, atau sanitasi yang buruk dan penanganan tidak tepat. Apa yang harus dilakukan saat keracunan makanan?

- Rehidrasi
Jika diare, jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi. Minum banyak air putih atau jus buah. Diare dan muntah menyebabkan elektrolit tubuh (potasium, sodium, glukosa) terkuras, sehingga harus diganti.

- Ikut arus
Tubuh sedang menguras racun-racun yang masuk bersama makanan, karena itu terjadi diare. Sebaiknya tidak mengonsumsi obat antidiare karena racun itu memang harus dikeluarkan dari tubuh. Memang melelahkan saat harus bolak-balik ke kamar mandi, karena itu kuatkan tubuh dengan banyak mengonsumsi cairan.

- Jika lapar, konsumsi makanan yang aman, juga lembut seperti sup.
Pilih makanan yang tanpa banyak bumbu rempah, agar-agar, pisang yang kaya potasium, kraker, serta wortel yang baik untuk mengganti elektrolit dan mineral yang hilang.

Kondisi ini biasanya mereda dalam beberapa waktu setelah tubuh mengeluarkan semua racun. Mungkin Anda tak perlu penanganan medis, tetapi ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk meminimalkan risiko buruk.

Sumber: kompas

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.