Tips Untuk Otak Tetap Berbobot

Dengan bertambahnya usia, kadang akan membuat kemampuan daya ingat kita menurun. Di bawah ini beberapa tips sederhana untuk mengatasinya.

Tidur cukup
Kita perlu tidur sebanyak 7-8 jam sehari untuk menjaga kesehatan otak. Saat kita cukup beristirahat, otak mengumpulkan berbagai informasi yang masuk dan menyusunnya dengan benar. Sebaliknya, kurang tidur bisa mengganggu performa dan suasana hati.

Rekomendasi: lakukan meditasi
Meditasi dapat menghasilkan gelombang gama di otak. Gelombang ini diasosiasikan dengan perhatian, daya ingat, dan kemampuan belajar. Peneliti dari Emory University menemukan bahwa mereka yang rajin bermeditasi cenderung terhindar dari risiko kepikunan dan kerusakan otak.

Makan sebuah apel setiap hari
Apel mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kadar asetilkolina di otak. Selaini tu, apel juga mengandung kuersetin, atau sejenis flavonoid yang berfungsi melindungi sel otak dari radikal bebas.

Rekomendasi: asup makanan mengandung omega-3
Omega-3 banyak terdapat pada ikan salmon, tuna, dan tongkol. Asam lemak ini bermanfaat untuk meningkatkan komunikasi antar sel saraf. Penelitian terbaru menyebutkan omega-3 dapat melindungi sel otak dari risiko Alzheimer.

Rajin berolahraga
Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga otak. Ketika berolahraga, otak menghasilkan BDNF (brain-derived neurotrophic factor), sejenis protein yang berfungsi menguatkan neuron. Otak yang mengandung banyak BDNF mampu menampung informasi lebih banyak. Untuk meningkatkan kadar BDNF, latukan latihan aerobik secara rutin. Penelitian lain menyatakan berjalan kaki memberi manfaat yang sama.

Rekomendasi: tambah latihan dengan angkat beban
Penelitian terbaru menemukan bahwa olahraga yang ditujukan untuk pembentukan otot, seperti yoga dan angkat beban, dapat meningkatkan kadar senyawa kimia yang mempengaruhi pertumbuhan neuron

Sumber: kompas

7 komentar:

ARaLL mengatakan...

kalo tidur yg cukup sm rajin berolahraga,,,mungkin masih bisa terpenuhi,,,,kecuali,,,,Makan sebuah apel setiap hari,,"MAHAL" hehehe,,,

Asis Sugianto mengatakan...

wah makasih banyak infonya sob,, bermanfaat nih buat saya,, apalagi otak saya di penuhi Windows,, hehehehehe

sibutiz mengatakan...

hhe hhe,setali tiga uang sama kaka aral,iya kalau tidur sama olahraga tapi apenya itu lho...

nice post gan,,,

Andi Wong mengatakan...

naaaah..kalo yg point 1 gw hobi tuh..tidurrrr..hehe..point 2 n 3 yg jarang bgt.. kekekek :D

genial mengatakan...

makasii kang infonya... sundul dulu nii :)

Cempakamelati mengatakan...

maklumat berguna....kena rajin makan inkan tongkol ni..ada omega 3.

Urang Lembur mengatakan...

Infonya sangat bermanfaat sekali sob, untuk tetap menjaga kualitas pemikiran kita.

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.