Tomat Untuk Tulang yang Kuat

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Dan tahukah Anda, menurut Puslitbang gizi Kementrian Kesehatan 2006 sebanyak dua dari lima orang Indonesia, berisiko terkena osteoporosis? Osteoporosis ini merupakan masalah yang besar dan serius bagi penduduk Indonesia.

Ini adalah salah satu tips agar kita terhindar dari risiko penyakit osteoporosis, yaitu dengan meminum jus tomat setiap hari

Likopen, kandungan antioksidan dalam buah tomat, diyakini para ahli sebagai penyebab tulang bertambah kuat. Sebelumnya likopen sudah diketahui bermanfaat untuk mencegah kanker prostat pada pria dan juga mencegah penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada, para ahli meminta 60 orang wanita pasca menopause atau sekitar usia 50-60 tahun untuk menghentikan konsumsi produk tomat dari menu hariannya selama satu bulan.

Ternyata hal ini meningkatkan kadar N-telopeptide dalam darah, yakni zat kimia yang dilepaskan tubuh dalam darah ketika ada tulang yang patah.

Kemudian, selama empat bulan para responden penelitian diberikan jus tomat yang mengandung 15 mg likopen setiap hari, selain juga ditambah dengan 35 mg kapsul likopen. Sebagai kelompok kontrol ada responden yang mendapatkan kapsul plasebo.

Hasilnya kadar N-telopeptide pada wanita yang minum jus tomat atau kapsul likopen menurun drastis. Namun manfaat itu tidak didapatkan oleh wanita yang mengonsumsi kapsul plasebo.

Sebagai tindakan pencegahan, para ahli menyarankan konsumsi dua gelas jus tomat setiap hari. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Osteoporosis International.

Sumber: kompas.com dan id.wikipedia.org

6 komentar:

Asis Sugianto mengatakan...

yang bener nih sob,, tomat bisa mengurangi osteoporosis???? kalau begitu mesti rutin mengkonsumsi tomat nih.....

kakak dan abel mengatakan...

Baru tahu saya bahwa tomat itu baik buat tulang, selama ini yang saya tahu tomat itu mengandung vit c, thanks infonya

Ladida mengatakan...

kebetulan saya suka dgn tomat . , sebelum kena mending dicegah dulu . ,

Sukadi Brotoadmojo mengatakan...

saya biasanya konsumsi tomat kalau pas makan sayur saja, kalau sebagai buah masih jarang he.he..

Urang Lembur mengatakan...

Kebetulan sekali nich, saya suka sekali juice tomat....^_^

Makasih Sobat Informasinya

Urang Lembur mengatakan...

Kebetulan sekali Sob, saya suka sekali juice tomat..^_^

Terima kasih infonya kawan

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.