Cara-cara Meningkatkan Fertilitas

Kesuburan menurun, itu adalah salah satu penyebab dari sulitnya Anda hamil. Bagi Anda yang menginginkan kehadiran seorang anak, di bawah ini ada beberapa cara yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda.

Setidaknya ada 9 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan, dan mencapai keinginan Anda untuk segera memiliki anak.

1. Gunakan metode holistik dengan metode tradisional
“Saya merasa pendekatan holistik bermanfaat untuk pasien ketika dikombinasikan dengan pendekatan ala Barat yang tradisional, seperti fertilisasi in vitro atau inseminasi intra uterin," kata Melissa A. Esposito, MD, pakar endokrinologi reproduksi di Shady Grove Fertility Center di Washington, DC. “Saya tidak menyarankan pendekatan holistik digunakan sebagai pengganti pendekatan tradisional, tetapi menemukan bahwa pendekatan holistik ini bisa melengkapi pendekatan tradisional, dan saya menyarankan untuk melakukannya secara reguler pada pasien-pasien saya."

2. Makan dengan sehat
Pemenuhan gizi adalah kunci untuk meningkatkan fertilitas. Cindy Bailey, penulis buku The Fertile Kitchen Cookbook, menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan olahan, kafein, dan gula, jika Anda ingin bisa hamil.

“Gula olahan bisa memengaruhi gula darah dan kadar insulin secara negatif, dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hormon yang seimbang sangat penting untuk pembuahan," ujar Bailey. “Sebaliknya, variasi nutrisi yang kita dapatkan dengan mengonsumsi produk organik, protein tanpa lemak, lemak sehat, karbohidrat baik, dan sebagainya, bisa membantu menutrisi dan mendukung kesehatan tubuh dan hormon kita. Kita pun berada dalam posisi memungkinkan untuk pembuatan."

3. Akupunktur
Studi membuktikan bahwa akupunktur mampu meningkatkan kesuksesan program bayi tabung ketika dilakukan sebelum dan sesudah transfer embrio, demikian menurut Beth Heller, direktur Pulling Down the Moon, pusat kesuburan holistik yang berlokasi di Chicago, IL, dan Washington, DC. “Selain itu, akupunktur juga dapat meningkatkan ketebalan lapisan rahim, meningkatkan kualitas sperma, dan tentunya, mengurangi stres."

4. Yoga
Yoga mengurangi kadar kortisol dalam tubuh, meringankan stres dan kegelisahan, dan meningkatkan aliran darah ke organ-organ reproduksi. Caranya dengan melonggarkan otot-otot yang tegang, dan jaringan konektif di area pinggul, punggung bawah, dan selangkangan.

5. Massage
Pijat tentunya bukan aktivitas yang sulit dilakukan. Apalagi, pemijatan mampu memberikan manfaat tambahan ketika Anda sedang mencoba untuk hamil, seperti mengurangi hormon stres. Ada teknik pemijatan yang difokuskan pada area perut, yang membantu rahim untuk menyiapkan kehamilan, demikian pendapat Abigail Lynn, terapis pijat berlisensi di Chicago, IL.

6. Cari dukungan
Ketika Anda didiagnosa dengan infertilitas, cobalah mencari bantuan dan dukungan. Bagaimanapun juga, Anda bukan satu-satunya perempuan yang mengalami ketidaksuburan. Anda bisa berkonsultasi secara individual, atau bergabung dengan milis dimana Anda bisa berbagi pengalaman mengenai perawatannya. Berhubungan dengan perempuan lain yang mempunyai pengalaman yang sama, akan sangat berguna. Mungkin saja ia justru mampu memberikan dukungan yang tidak Anda dapatkan dari keluarga, atau memberi alternatif solusi yang belum pernah Anda coba.

7. Jangan stres
Perempuan yang mengikuti program manajemen stres saat menjalani perawatan kesuburan, akan memperoleh peluang 160 persen lebih baik untuk hamil daripada dengan menjalani program bayi tabung saja. “Stres adalah musuh utama kesuburan," kata Bailey. “Meditasi, yoga, bernafas dalam-dalam, dan latihan yang ringan, bisa membantu mengendalikan stres."

8. Dance
Belly dance adalah ritual kuno untuk kesuburan, yang dilakukan perempuan modern," kata Stephanie Larson, pendiri Dancing for Birth. “Tarian ini membangkitkan gerakan yang juga terjadi saat konsepsi dan persalinan, yaitu membentuk dan menguatkan tubuh perempuan, khususnya otot-otot pusatnya, serta jaringan ikat sendi yang mendukung dasar pangguln dan organ-organ reproduksinya."

9. Chiropractic
Memperbaiki tulang belakang tidak hanya dapat mengurangi sakit dan nyeri, tetapi juga membantu Anda untuk hamil. Ketika dokter kandungan tidak mampu memberikan informasi yang jelas mengenai ketidakmampuan Anda untuk hamil, coba kunjungi ahli chiropractic (kiropraktik), demikian saran Dr Adam Tanase, dokter yang juga menjadi pakar kiropraktik untuk MedHelp.org. “Ketika perempuan harus berusaha keras untuk hamil, ketidakseimbangan saraf bisa menyebabkan kesalahan dalam proses fertilisasi."

Pada dasarnya, tak peduli apa upaya Anda untuk bisa hamil, ingatlah bahwa tidak ada satu tipe perawatan tertentu -medis atau holistik- yang bisa berhasil untuk semua perempuan. "Namun menjalani gaya hidup yang sehat bisa membantu meningkatkan peluang seseorang untuk hamil," tutur Dr. Esposito.

Meskipun demikian, banyak pasangan yang sudah melakukan semuanya 100 persen, tetap mengalami ketidaksuburan. "Cara terbaik untuk mengidentifikasi masalah dan mencari jalan keluarnya adalah dengan mencari dokter berpengalaman di pusat kesuburan yang terpercaya," tegasnya.

Sumber: kompas


4 komentar:

anisayu mengatakan...

Benar2 buat aq tertarik agar selalu sehat dan semangat dan bs hadir d sini sahabat....

sibutiz mengatakan...

tips2 nya selalu mantabs saja kawan,,,
saya banyak terbantu dengan semuan tipsnya..
dan itu membuat saya gakbosan2nya untuk bolak balik mampir kesini...

Asis Sugianto mengatakan...

Nice artikel sob,,,, sangat bermanfaat buat mereka yang kurang bisa meningkatkan fertilitas,,,

techno mengatakan...

salam kenal mampir balik n komen ya..thanks

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.