Makanan-makanan untuk Kesehatan Sendi

Untuk mengatasi sakit sendi biasanya suka menggunakan obat penawar sakit yang dijual bebas. Tapi mengandalkan obat-obatan ini dapat menyebabkan sejumlah efek samping. Kita dapat meredakan atau mencegahnya dengan berolahraga atau dengan makakan tertentu.

DI bawah ini beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan sendi Anda sehingga bisa terhindar dari penyakti sendi atau arthritis.

1. Stroberi
Buah ini baik untuk untuk sendi karena kaya akan vitamin C. Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa vitamin C bisa mencegah perkembangan nyeri sendi dan penipisan tulang rawan. Sumber vitamin C lainnya yakni jeruk, persik, dan paprika merah.

2. Minyak zaitun
Sendi Anda dipastikan akan menyukai minyak ini karena kandungan polifenol di dalamnya bisa membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

3. Ikan salmon
Ikan ini merupakan sumber nutrisi yakni vitamin D dan asam lemak omega 3. Bila tubuh Anda kekurangan vitamin D seperti kabanyak orang dewasa pada umumnya, memperbanyak asupan vitamin ini bisa membantu meredakan rasa nyeri sendi. Terlebih sejak lama asam lemak omega 3 memang diyakini baik untuk kesehatan tubuh karena sifat antiinflamasinya.

4. Teh hijau
Minuman ini mengandung zat antioksidan bernama katekin yakni zat antiinflamasi yang mampu menunda kerusakan tulang rawan pada penderita arthritis

5. Sayuran hijau
Perbanyaklah makanan nabati ke dalam menu makan Anda karena baik pula untuk sendi dan membantu meredakan peradangan. Sayuran hijau juga kaya vitamin K, nutrisi yang dinilai mampu mencegah osteoartritis.

Adapun makanan yang sebaiknya dihindari yakni:
1. Minyak jagung
Lemak dalam minyak jagung atau bunga matahari, dan kedelai mengandung banyak asam lemak omega 6. Meski lemak jenis ini sebenarnya tak membahayakan tubuh, beberapa peneliti menyarankan ketidak seimbangan antara omega 6 dan omega 3 bisa memicu peradangan.

2. Roti putih
Daripada roti putih lebih baik Anda membeli roti gandum. Roti gandum malah akan memberikan dua keuntungan yakni sebagai pereda radang dan seratnya bisa mengontrol berat badan.

Sumber: mediaindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.