Makanan-makanan untuk Mata Sehat

Wortel, memang bagus untuk kesehatan mata. Kesehatan mata dipengaruhi oleh kita sendiri dalam memilih makanan. Penyakit mata seperti Age-Related Macular Degeneration (ARMD), katarak, Glaucoma and Diabetic Retinopathy berkaitan dengan nutrisi.

Sebuah studi yang dilakukan National Eye Institute (NEI) menunjukkan kalau vitamin dan nutrisi tertentu merupakan kunci utama mencegahan penyakit mata. Nutrisi dan vitamin tertentu tersebut bisa mencegah penyakit utama mata yang berkaitan dengan usia hingga 39%.

Salah satu kandungan dalam makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan mata adalah lutein. Lutein merupakan antioksidan karotenoid yang banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Lutein ini juga merupakan pigmen yang memberikan warna kuning dan orange pada sayuran.

Antioksidan ini dipercaya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata karena bisa melindungi dari katarak dan degenerasi macular. Hal ini biasanya terjadi di area macula retina. Macula merupakan bagian retina yang bertanggung jawab dalam hal penglihatan sentral (central vision). Central vision ini hilang pada mereka yang mengalami degenerasi macula. Beberapa studi juga telah menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi lutein dengan pengurangan risiko mengalami degerasi macular dan katarak.

Untuk menghindari gangguan mata, Anda bisa memulainya dari mengatur pilihan makanan Anda. Berikut beberapa makanan yang bagus untuk mata indah Anda:

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu dari makanan yang padat nutrisi. Karena itu, tidak heran kalau makanan satu ini baik untuk mata. Alpukat mengandung lebih banyak lutein dibandingkan dengan buah lainnya. Zat ini sangat penting untuk mencegah degenerasi macular dan katarak. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber yang kaya akan nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Wortel

Wortel sudah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata. Hal ini karena makanan ini kaya akan beta karoten. Beta karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Tentunya Anda sudah tahu kalau vitamin satu ini, berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu, juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.
Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

Telur

Telur kaya akan nutrisi mata seperti vitamin A, seng, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan cysteine.

Bayam

Bayam merupakan sumber lain yang kaya vitamin A. Bayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin.

Kol

Sama seperti bayam, kol juga kaya akan vitamin A, lutein, dan zeaxathin.

Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan lycopene, dua nutrisi yang sangat penting untuk mata.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara umum.

Bawang putih

Bawang putih mengandung selenium dn nutrisi yang baik untuk mata lainnya seperti vitamin C dan quercetin.

Salmon

Salmon kaya akan omega-3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata secara umum. Salmon juga mengandung asam folik, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A.

Sumber: mediaindonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Komentarnya. No Porn No Spam

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 andri4healthy All Rights Reserved.